Kegiatan ” Silaturahmi Kewaspadaan Dini Daerah Kab. Pacitan Tahun 2019″

 

BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK KAB. PACITAN ADAKAN SILATURAHMI KEWASPADAAN DINI DERAH DI KAB. PACITAN

Dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 tahun 2019 bertemakan ” Dengan Semangat Kemerdekaan Kita Wujudkan Ketentraman umum dan Ketertiban Masyarakat”, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. pacitan menggelar acara Silaturohmi Kewaspadaan Dini Daerah yang diselenggarakan  pada hari Selasa, 27 agustus 2019 bertempat di Gedung Karya Dharma Pacitan.

Acara silatuhromi ini dihadiri oleh  Wakil Bupati Pacitan, Sekretaris Daerah Kab.Pacitan, Kapolres Pacitan, Komandan Kodim 0801 Pacitan, Kasie intel Kejaksaan  Negeri Pacitan, Kepala OPD lingkup Pemkab Pacitan, Ketua IPSi Kab. Pacitan dan para Ketua serta pengurus Ikatan pencak Silat di Kab. Pacitan lebih kurang sebanyak 45 orang.

Dalam sambutannya di acara ini  Wakil Bupati Pacitan menghibau dan mengajak seluruh komponen masyarakat pacitan untuk menjaga wilayah kabupaten  Pacitan tetap aman, nyaman, tentram dan kondusif  serta meningkatkan sinergitas serta mampu  menetralisir dan menangkal kemungkinan timbulnya ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan di Kab. Pacitan.

Hal senada yang disampaikan oleh wakil Bupati Pacitan juga disampaikan olehTri Mudjiharno, S.Sos., MM Kepala Bakesbangpol Pacitan juga mengharapkan kepada rekan IPSI untuk melakukan deteksi dini dan menjaga kebersamaan  seluruh perguruan silat se Kab. Pacitan bersama dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait guna menciptakan Kamtibmas di Kab. Pacitan yang  adem ayem.

Di acara ini AKBP Sugandi,S.I.K,M.Hum Kapolres Pacitan menyampaikan Hasil rapat di Madiun yang dihadiri Ketua PSHT Pusat Madiun merencanakan kegiatan Syuro Agung di Madiun dan di beberapa Kabupaten, dari Ketua  Pusat PSHT Madiun menyampaiakan pada bulan suro untuk kegiatan ziarah hanya dilakukan oleh Wilayah Madiun, untuk dari luar Kab. Madiun diharapakn bisa ziarah pada hari yang berbeda.dan selalu perdamaian sesua Deklarasi damai sudah di tandatangani oleh seluruh Kapolres, dan Forkopimda Madiun dan seluruh Perguruan Silat untuk bersama menciptakan situasi aman pada pelaksanaan Suro. Kapolres pacitan juga mengharapkan kepada   IPSI sebagai wadah dari berbagai perguruan Silat untuk menyatukan dan membina prestasi dari perguruan silat itu sendiri.

Demikian pula dengan sambutan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusalawitang, S.IP  Dandim 0801 Pacitan  bahwa Dialog merupakan hal terbaik dan setiap penyelesaian suatu masalah. Dalam pencak silat ada nilai nilai sportivitas yang tinggi dan jiwa kesatria dengan harapan mampu hindari terjadinya perkelahian antar perguruan silat yang membuat ketidak tentraman di masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *