Kegiatan Pemantapan Nilai Nilai Wawasan Kebansaan dengan TEMA ” Meningkatkan Sinergitas Dalam Menangkal Bahaya Radikalisme dan Terorisme

KEGIATAN PEMANTAPAN NILAI – NILAI WAWASAN KEBANGSAAN DENGAN TEMA

“ MENINGKATKAN SINERGITAS DALAM MENANGKAL BAHAYA RADIKALISME DAN TERORISME”

 

Pentingnya wawasan kebangsaan timbul dari suatu kumpulan pikiran dimana kita sebagai bangsa indonesia memiliki suatu cita – cita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk mewujudkan tujuan nasional. Wawasan kebangsaan ini merupakan pemersatu dan pemberi dasar keberadaan dalam diri kita sebagai bangsa Indonesia.

Ancaman terbesar yang ada di Indonesia berasal dari dalam negeri khususnya terkait tindakan terorisme dan radikalisme. Radikal merupakan suatu faham yang menginginkan perubahan secara cepat yang dilakukan dengan cara kekerasan, sedangkan terorisme merupakan suatu kegiatan atau serangan yang bertujuan untuk memberikan ketakutan kepada masyarakat. Adapun tindakan terorisme dapat dilakukan dengan cara antara lain pengeboman, pembunuhan secara sadis, penculikan, penyanderaan, hingga pembajakan. Sehingga dalam rangka untuk mempererat persatuan bangsa dan menangkal bahaya radikalisme dan terorisme, salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan Pemantapan Nilai – nilai Wawasan Kebangsaan dengan tema “ Meningkatkan Sinergitas dalam Menangkal Bahaya Radikalisme dan Terorisme ”

Berdasarkan sambutan dari Bapak Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pacitan  menuturkan bahwa  untuk mempererat persatuan bangsa ini maka harus dilakukan hal – hal sebagai berikut yaitu tidak memandang suku, bangsa, agama, ras ataupun lainnya yang membedakan antara satu orang dengan orang lain, menjunjung tinggi hak asasi manusia dan menghargai manusia sebagai manusia; Semua persoalan yang muncul sebagai akibat interaksi sosial didiskusikan secara baik dan akomodatif terhadap beragam pemikiran; Memberi kesempatan kepada yang lain untuk melakukan sebagaimana yang diyakininya, dengan penuh rasa damai.

Kegiatan ini dilaksanakan di 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Pacitan, Donorojo dan Nawangan dengan peserta 50 Orang di masing – masing Kecamatan.

 

Dokumentadi kegiatan di Kecamatan Pacitan

Dokumentadi kegiatan di Kecamatan Donorojo

Dokumentadi kegiatan di Kecamatan Nawangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *