KEGIATAN REVOLUSI MENTAL BAGI CALON KEPALA DESA TERPILIH TAHUN 2019

REVOLUSI MENTAL JUGA DAPAT DIARTIKAN SEBAGAI PEMBENTUKAN JATI DIRI APARATUR SERTA KEADAAN/LINGKUNGAN KERJA POSITIF YANG MEMILIKI PERSYARATAN TERTENTU SEHINGGA DAPAT MENDORONG TERBENTUKNYA KEBIJAKAN-KEBIJAKAN PERUBAHAN DALAM KONTEKS NILAI INTEGRITAS, NILAI ETOS KERJA, DAN JUGA NILAI GOTONG-ROYONG. ATAU, DENGAN ARTI LAIN, IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DALAM NILAI-NILAI REVOLUSI MENTAL TERSEBUT DAPAT TERCAPAI SECARA OPTIMAL JIKA PEMERINTAH MAMPU MENGHUBUNGKAN DAN MENCIPTAKAN HUBUNGAN YANG SELARAS ANTARA JATI DIRI APARAT PEMERINTAH DAN SYARAT-SYARAT POSITIF DALAM BINGKAI NILAI-NILAI AGAMA.

MEWUJUDKAN REVOLUSI MENTAL MEMANG TIDAK SEMUDAH MEMBALIKKAN TELAPAK TANGAN SAJA; SEBAIKNYA DIDAHULUI OLEH PERSYARATAN AWAL, YAITU TENTANG PEMAHAMAN AKAN JATI DIRI APARAT PEMERINTAH SEBAGAI ABDI NEGARA YANG MEMILIKI KEINGINAN DAN KEPUASAN UNTUK BERBUAT DAN MELAYANI YANG TERBAIK BAGI MASYARAKAT. DI SAMPING ITU JUGA MERASA BAHWA KEHADIRANNYA DALAM MELAKSANAKAN TUGAS SANGAT DIBUTUHKAN, MERASA PENTING DALAM ORGANISASI, DIHARGAI DAN MENGHARGAI PUBLIK YANG DILAYANI. TIDAK PANDANG KASTA, BEREMPATI, BERUPAYA MENOLONG, BERSAHABAT MERUPAKAN CITRA DIRI APARATUR YANG DIHARAPKAN DAPAT TERUS DIPAHAMKAN KEPADA SELURUH APARAT PEMERINTAH.

 

MENJADI SEORANG PELAYAN MASYARAKAT ADALAH TUGAS MULIA, SEHINGGA SEGALA KETERBATASAN YANG DIHADAPI TIDAK MEMBATASI KIPRAH DIRI APARAT PEMERINTAH UNTUK BERSEMANGAT MEMBERIKAN PELAYANAN YANG OPTIMAL.
MELIHAT ASPEK YANG LAIN, REVOLUSI MENTAL PADA DASARNYA TIDAK HANYA DIBEBANKAN KEPADA BIROKRASI SEPENUHNYA, NAMUN MASYARAKAT JUGA PERLU MELAKUKAN REVOLUSI MENTAL UNTUK MENCIPTAKAN KONDISI YANG HARMONIS DAN SELARAS SECARA BERSAMA-SAMA DENGAN BIROKRASI. MASYARAKAT PERLU MENUNJUKKAN SEMANGAT POSITIFNYA DALAM MENUNJANG BIROKRASI YANG SECARA UMUM DAPAT DICIRIKAN PADA MASYARAKAT YANG TAAT PADA ATURAN, DISIPLIN, BERKONTRIBUSI NYATA DAN AKTIF DALAM KEGIATAN PEMERINTAH, SERTA KRITIS DALAM MENILAI KINERJA PEMERINTAH. DENGAN BEGITU, PADA AKHIRNYA KEBIJAKAN REVOLUSI MENTAL SECARA KESELURUHAN AKAN MELAHIRKAN KEMAJUAN, KEMANDIRIAN, DAN KESEJAHTERAAN DAERAH SECARA SIGNIFIKAN.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *